EO Outbound Perlu Dipahami Arti dan Tujuannya, Jangan Disalahpahami

Kegiatan yang diselenggarakan EO Outbound. (foto: https://bellvaadventureindonesia.com/)

Sebetulnya sekarang ini masih banyak kalangan yang belum mengetahui tentang apa itu EO Outbound. EO sendiri adalah singkatan dari Event Organizer.

Namun seiring perkembangannya, EO mulai merambah ke bidang lain yaitu outbound dan event kepariwisataan lain seperti gathering, outing dan semacamnya.

Dikutip dari berbagai sumber, outbound adalah kegiatan bersama di luar ruangan atau terbuka bertujuan untuk mengembangkan keberanian, kepercayaan diri serta kekompakan.

Kegiatan outbound sangat beragam, dan bisa dilakukan dan hampir semua jenjang umur melakukanya, mulai dari lingkungan sekolah, kerja, komunitas bahkan lansia. Hal ini dilakukan untuk lebih mempererat hubungan kebersamaan antar sesama.

Apa Saja Kegiatan EO Outbound?

Kegiatan outbound sebetulnya tidak ada kegiatan yang secara spesifik bisa dikategorikan sebagai suatu kegiatan outbound. Karena kegiatan outbound itu sendiri memiliki sebuah inti yaitu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di luar ruangan sebagai sarana pembelajaran.

Namun tidak hanya sebagai sarana pembelajaran tetapi juga bisa bersifat rekreasional seperti kegiatan liburan dan atau kegiatan wisata lainnya.

EO Outbound memiliki trainer serta tour guide yang sudah berpengalaman serta desain program outbound yang dikemas dengan sangat menarik dengan konsep dan simulasi yang eksklusif, kreatif serta inovatif.

Sehingga cocok untuk pengembangan diri melalui pengalaman serta pendalaman secara keilmuan. Selain itu pelayanan yang diberikan sangat profesional dan bertanggung jawab.

Dengan demikian, kegiatan yang ingin Anda gelar pun dapat terlaksana dengan lancar, seru dan meriah. Kegiatannya lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena dirancang oleh EO Outbound.

Selain itu ada pula pendapat bahwa EO Outbound adalah EO yang menyediakan sarana pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif.

Hal tersebut menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.sementara arti outbound dalam bahasa indonesia sendiri berasal dari outward bound,diterjemahkan di bahasa indonesia outbound itu yang artinya keluar bingkai.

Kalau dirunut dari sejarahnya, outbound sendiri merupakan inovasi yang ditemukan oleh cendekiawan berkebangsaan Jerman yang bernama Dr. Kurt Hant. Beliau lahir di Jerman pada tanggal 5 Juni 1886.

Ilmu dan ide terapan pendidikan inovatif outbound Kurt Hant bertahan dan berkembang sampai saat ini. Sekarang kegiatan outbound disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Itulah penjelasan dari kami mengenai apa itu EO Outbound beserta pemaparan tentang outbound yang perlu dipahami oleh semua orang khususnya kalangan perusahaan, institusi, organisasi, maupun komunitas yang ingin melaksanakan kegiatan outbound.

Komentar